Beragam Ukuran Karpet di Pasaran yang Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan

Karpet merupakan salah satu dekorasi interior yang banyak digemari. Tidak heran jika toko karpet tidak pernah kekurangan pelanggan. Selain membuat ruangan lebih rapi dan cantik, keberadaan karpet juga dapat membuat ruangan terlihat elegan. Dengan pemasangan karpet, lantai menjadi tempat yang lebih nyaman untuk beraktivitas. Tentu saja, karpet dapat membuat permukaan lantai menjadi lebih empuk. Sehingga pemasangan karpet pada lantai juga membuatnya menjadi lebih aman.

Keragaman Jenis Karpet di Pasaran

Ada beragam jenis karpet yang bisa kita dapatkan. Beraneka motif dan corak, bahan pembuatan, ketebalan dan ukuran karpet juga sangat beragam. Anda bisa mendapatkan karpet tradisional, karpet lokal dari dalam negeri. Hingga karpet-karpet megah yang diimpor dari luar negeri, seperti negara Timur Tengah, Spanyol, Turki dan lain sebagainya.

Walaupun karpet identik dengan material kain wool, namun sebetulnya bahan pembuatan karpet pun bisa bermacam-macam. Ada berbagai karpet yang tersedia di toko karpet dengan macam-macam jenis material pembuatannya. Diantaranya karpet yang berbahan sutra, wol, nilon, kulit, sixal, saxony, berber, rasfur, akrilik, polipropeline dan lain sebagainya.

Tipe-tipe karpet yang berbeda, akan memberikan nuansa yang tentunya berbeda juga pada ruangan Anda. Oleh karena itu, Anda harus dapat menyesuaikan tipe karpet yang Anda pilih dengan jenis ruangan dimana karpet tersebut akan dipasangkan.

Misalnya, jika hendak memasang karpet untuk di kamar tidur. Maka ada baiknya pilihlah karpet tanpa motif dan berwarna lembut. Sehingga dapat membuat kamar tidur terasa lebih menenangkan dan bisa membuat Anda lebih mudah beristirahat.

Sementara jika Anda memilih karpet untuk ruang tengah, maka pilihlah karpet yang berbahan lembut dan tebal. Anda bisa memilih motif yang semenarik mungkin. Namun, karena di ruangan ini biasanya ada banyak aktivitas. Pilihlah jenis karpet yang tidak mudah kotor, dan juga mudah dibersihkan.

Berbagai Jenis Ukuran Karpet

Mungkin tidak banyak yang menyadari, bahwa toko karpet Jakarta menyediakan karpet dengan berbagai macam ukuran. Jadi, tidak saja bahan, material atau pun model karpet yang bisa Anda pilih. Bahkan Anda bisa memilih karpet berdasarkan ukurannya.

Bahkan, dengan semakin berkembangnya desain karpet, semakin beragam juga ukuran karpet yang dapat dipilih. Karpet yang sudah umum di pasaran memiliki ukuran sebagai berikut :

  • ukuran 120 cm x 170 cm
  • ukuran 200 cm x 300 cm
  • ukuran 400 cm x 600 cm

Namun, selain ukuran standar, Anda juga bisa membeli karpet meteran atau gulungan. Karpet jenis ini tersedia dalam ukuran lebar maksimum 4 meter, dengan panjang bervariasi yakni 25 meter, 35 meter hingga mencapai 40 meter. Anda bisa memilih panjang karpet sesuai dengan kebutuhan Anda. Sementara ketebalan karpet sekitar 13 milimeter.

Selain itu, da juga jenis karpet tile. Yakni karpet yang berukuran kecil berupa potongan-potongan bujur sangkar seperti keramik. Jenis karpet tile tersedia dalam ukuran :

  • 50 cm x 50 cm
  • 60 cm x 60 cm
  • 90 cm x 90 cm

Kelebihan karpet tile, Anda dapat membelinya dari toko karpet Jakarta sesuai dengan ukuran yang Anda butuhkan untuk ruangan Anda. Sehingga karpet tidak akan terlalu besar atau terlalu kecil. Selain tersedia dalam banyak motif yang beragam, karpet ini sangat praktis dibongkar pasang sehingga karpet tile sangat mudah dibersihkan. Anda bisa melepas dan mencuci bagian karpet yang kotor saja, tanpa harus membongkar seluruh karpet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *