3 Cara Cek Foot Valve PVC Masih Berfungsi atau Tidak

Tentunya Anda sudah mengenal salah satu perangkat mesin pompa air yang satu ini, yaitu tusen klep atau foot valve. Tusen klep ini banyak digunakan pada instalasi mesin pompa, seperti jetpump, semi jetpump dan sumur dangkal. Itu karena tusen klep merupakan bagian terpenting pada  instalasi mesin pompa yaitu memaksimalkan kinerja pipa hisap.

Umumnya, pada jenis mesin pompa celup (submersible) tidak menggunakan tusen klep. Itu karena mesin pompa celup tidak bekerja menghisap air melainkan mendorong air yang ada di sumur. Artinya, tusen klep ini hanya digunakan untuk pompa air hisap. Adapun bahan dasar tusen klep ini terdiri atas 2 jenis, yaitu tusen klep yang terbuat dari bahan plastik PVC dan kuningan.

Namun, tusen klep yang banyak digunakan pada pompa air adalah tusen klep PVC. Bagi Anda yang menggunakan pompa air hisap dan ingin mengetahui tusen klep PVC pompa masih berfungsi dengan baik atau tidak. Berikut adalah cara cek foot valve PVC masih berfungsi atau tidak.

Mengenal Cara Kerja Foot Valve PVC Pada Pompa Air

Cara Cek Foot Valve PVC

Pada dasarnya, fungsi utama tusen klep atau foot valve PVC secara teknis bekerja menahan aliran air yang ada di pipa hisap supaya air di pipa tersebut tidak kembali turun ke bawah. Jadi, tidak heran jika tusen klep PVC ini kurang awet karena cara kerjanya membuka dan menutup.

Sesuai dengan fungsinya, tusen klep PVC ini akan bekerja menghisap air. Adapun cara kerjanya saat tusen klep bekerja menghisap air, secara automatis klep terbawa aliran. Oleh karena itu, tusen klep dapat terbuka dan bertumpu di dudukannya. Hal tersebut akan terjadi berulang-ulang dan akan berhenti dengan sendirinya jika mesin pompa berhenti menghisap. Pastinya, saat mesin pompa berhenti, tusen klep akan menutup secara automatis dengan sempurna.

Melihat cara kerja tusen klep tersebut, tidak heran jika tusen klep PVC sering kali mengalami kebocoran. Perlu diketahui, kebocoran pada tusen klep dapat menyebabkan ruang impeller kosong dan untuk menormalkan kembali, dibutuhkan pengisian secara manual. Adapun tujuan pengisian secara manual tersebut adalah untuk mempercepat ruang pipa hisap mencapai titik vacum.

Oleh karena itu, untuk mencegah kebocoran pada tusen klep PVC, pastikan Anda membeli tusen klep PVC yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Selain itu, Anda harus melakukan pengecekan tusen klep secara rutin. Tujuan pengecekan tusen klep ini, untuk mengetahui tusen klep PVC masih berfungsi dengan baik atau tidak.

3 Cara Cek Foot Valve PVC Masih Berfungsi dengan Baik atau Tidak

Bagi Anda yang masih bingung cara cek tusen klep atau foot valve PVC, tidak perlu bingung karena mengecek fungsi tusen klep PVC cukup mudah. Adapun cara cek tusen klep PVC adalah sebagai berikut.

1. Bongkarlah Pipa Hisap Pompa Air Anda

Cara Cek Foot Valve PVC

Pastinya, untuk mengetahui tusen klep PVC pipa hisap, Anda harus membongkar pompa air terlebih dulu. Lalu, bongkarlah pipa hisap yang ada di pompa air. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan apakah tusen klep yang terpasang di ujung pipa hisap masih berfungsi dengan baik atau tidak.

2. Isi Penuh Pipa Hisap dengan Air Bersih

Cara Cek Foot Valve PVC

Langkah selanjutnya adalah mengisi penuh pipa hisap dengan air bersih. Namun, sebelumnya mengisi air, pastikan bagian klep tidak tersumbat kotoran. Itu karena jika bagian klep tersumbat kotoran, maka air dalam pipa hisap akan cepat habis.

Adapun tujuan pengisian air bersih pada pipa hisap adalah untuk memancing apakah tusen klep dapat bekerja dengan baik atau tidak. Pastikan, setelah Anda mengisi penuh pipa hisap, Anda memperhatikan kondisi air di pipa hisap dengan saksama.

3. Amati Kondisi Air di Pipa Hisap Tersebut

Cara Cek Foot Valve PVC

Setelah Anda melakukan langkah 2, amatilah kondisi air di pipa hisap. Tunggulah beberapa saat. Jika air dalam pipa hisap berkurang drastis, maka tusen klep PVC mengalami kebocoran dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui, kebocoran pada tusen klep yang rusak, umumnya ditandai dengan lamanya debit air yang keluar dari pompa air. Artinya, kemampuan pompa air memompa air atau tidak dipengaruhi oleh kualitas tusen klep yang ada pada pipa hisap pompa.

Itulah 3 cara cek foot valve PVC masih berfungsi dengan baik atau tidak. Pastikan, Anda membeli tusen klep PVC yang berkualitas tinggi supaya kinerja mesin pompa air Anda maksimal.

 

Dapatan harga foot valve PVC terbaik hanya di temtera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *