Cara Membedakan Cat Epoxy dan Cat Waterproof

Cat adalah sebuah cairan yang digunakan melengkapi dekorasi rumah anda. Keberadaan cat ini akan membuat rumah anda menjadi lebih berwarna dan menjadi lebih cantik. Pada dasarnya ada beberapa jenis cat yang bisa anda aplikasikan dalam rumah anda yaitu salah satunya adalah cat epoxy dan cat waterproof. Kedua jenis cat ini tentu saja mempunyai perbedaan dalam wujud, tujuan dan cara penggunaanya. Lalu apa saja perbedaan di antara mereka? Yuk simak penjelasan berikut ini ya.

Perbedaan Cat Epoxy dan Cat Waterproof yang Perlu Anda Ketahui

A. Cat Epoxy

Secara umum, epoxy adalah sebuah jenis bahan kimia yang bisa dikatakan juga sebagai jenis resin yang berasal dari proses polimerisasi dan epoksisa yang mana biasanya dijadikan sebagai bahan perekat tau cat untum berbagai macam jenis material. Di dalam pengaplikasian dalam rumah, epoxy sendiri sering dikombinasikan dengan bahan harderner atau bahan pengeras supaya bisa merubah sifat cair dari bahan epoxy berubah menjadi padat dan juga semakin membuat kuat dan tahan lama terhadap perubahan suhu. Selain itu, hal ini juga membantu supaya jenis cat ini bisa tahan terhadap reaksi kimia yang cukup tinggi.

Ketahan epoxy resin memang sangat kuat maka ada banyak sekali bahan dilapisi oleh cairan ini. Di antaranya adalah logam, baja, lantai beton, plastik dan kaca. Semuanya dapat memberikan ketahanan lebih terhadap meterial tersebut. Tidak hanya itu saja, epoxy resin juga bisa digunakan di dalam pembuatan cetakan model, melapisi cor, dan kebutuhan lainnya.

Cat Epoxy sudah digunakan sejak tahun 1930-an di Amerika Serikat dan Swiss. Setelah itu barulah jenis cat itu di produksi secara lebih lanjut untuk menjadi sebuah perekat floor hardener sika setelah tahun tersebut. Sampai sekarang, para ahli juga terus melakukan pengembangan sehingga bisa menciptakan jenis epoxy dengan kualitas yang baik dan juga ramah lingkungan. Pada saat ini ada banyak sekali jenis epoxy yang beredar di pasaran misalnya saja epoxy Resin, Polimer, Coating, dan epoxy. Semuanya digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berkat senyawa ini, bisa memberikan ketahanan yang baik terhadap degradasi yang sering terjadi pada berbagai unsur kimia. Sedangkan untuk lantai, cat ini bisa mencegah keretakan atau kerusakan.

B. Cat Waterproof

Jenis cat selanjutnya adalah cat Waterproof. Tahu gak sih apa cat waterproof itu? Waterproof adalah jenis cat yang tahan terhadap air sehingga rumah atau ruangan anda akan terbebas dari rembesan air. Jenis cat ini bisa digunakan pada rumah atau pada floor hardener. Selain bisa digunakan untuk berbagai hal, jenis cat ini juga mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut ini, yaitu :

a. Mencegah Tumbuhnya Jamur

Pada dasarnya, jamur yang muncul pada lantai dan tembok biasanya disebabkan oleh adanya rembesan air. Akibatnya, jamur akan mudah tumbuh dengan subur dan membuat tembok dan lantai mudah rusak. Tidak hanya itu saja, jamur juga dapat mengancam kesehatan penghuninya. Namun, dengan menggunakan cat waterproof akan bisa menjaga kelembaban sehingga jamur tidak akan muncul.

b. Mudah Dibersihkan

Karena sifat cat ini tidak bisa menyerap air, anda tidal perlu khawatir apabila ada bisa yang menempel. Misalnya saja bekas minyak goreng, debu atau cat air. Anda bisa menggunakan spons atau sikat untuk membersihkannya. Selain itu, jenis cat ini sangat bisa melembabkan dinding atau cocok digunakan untuk floor hardener sika juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *