Ini Dia Cara Waterproofing Pada Dak Beton

Dalam kontruksi bangunan, terutama kontruksi bangunan yang menggunakan dak beton sebagai pondasi, kerap kali mengalami kerusakan, seperti keropos ataupun berjamur. Sehingga, kerusakan tersebut dapat menyebabkan kebocoran atau adanya rembesan air yang merusak lapisan cat tembok rumah Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu waterproofing ulang bagian dak beton rumah Anda.

Cara Waterproofing Ulang Dak Beton Rumah

Cara Waterproofing Pada Dak Beton

Memang, tidak ada cara lain untuk mencegah kebocoran atau rembesan air yang diakibatkan oleh kerusakan pada bagian dak beton rumah Anda, selain menggunakan cat waterproof untuk menambal sekaligus mencegah rembesan air yang dapat merusak lapisan cat tembok rumah.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui tentang tata cara waterproofing ulang pada pondasi dak beton rumah Anda. Di antaranya adalah berikut ini :

  • Mempersiapkan Bahan dan Alat Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam proses memperbaiki pondasi dak beton rumah Anda dengan metode waterproofing ini adalah, mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan terlebih dahulu. Anda harus mempersiapkan beberapa alat, seperti cat waterproof, kain kasa atau serat fiber, semen dan juga pasir secukupnya, kape scrape, ember untuk mengaduk bahan-bahan, dan juga cat finishing.

  • Mengetahui Titik-Titik Pondasi Dak Beton yang Bermasalah

Anda harus mengetahui terlebih dahulu titik-titik pondasi dak beton yang bermasalah. Sebab, penanganan dari perbaikan pondasi dak beton atas dengan pondasi dak beton bawah ini memang berbeda. Sehingga, sangat disarankan bagi Anda untuk melihat terlebih dahulu, di titik manakah pondasi dak beton rumah Anda yang perlu untuk diperbaiki.

  • Melakukan Perbaikan pada Pondasi Dak Beton Bagian Atas

Setelah Anda mengetahui titik masalah pondasi dak beton di bagian atas. Maka, yang harus Anda lakukan adalah :

  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan pondasi dak beton dari debu dan kotoran yang menempel. Kalau perlu, Anda gunakan kape scrape untuk membersihkan permukaan pondasi dak beton yang bocor atau bermasalah
  2. Setelah permukaan pondasi dak beton Anda bersihkan dari debu dan kotoran. Maka, langkah kedua adalah, melapisi pondasi dak beton tersebut dengan cat waterproof. Usahakan untuk mengecat permukaan pondasi dak beton dari ujung ke ujung secara merata. Pada saat cat waterproof masih basah, silakan tempelkan serat fiber sembari menekan kuat-kuat. Nah, penggunaan serat fiber pada proses waterproofing ulang ini minimal memiliki lebar dan tinggi sekitar 10 hingga 20 cm.
  3. Tutup celah-celah sudut pondasi dak beton dengan menggunakan serat fiber atau kain kasa. Lalu, lapisi kembali dengan menggunakan cat waterproof. Tunggu hingga mengering. Agar lapisan serat fiber atau kain kasa tidak terinjak. Maka, Anda dapat menggunakan plesteran yang terbuat dari campuran semen dan pasir, lalu dicampur dengan lapisan cat waterproof. Kemudian, ratakan adukan tersebut diatas serat fiber atau kain kasa yang digunakan untuk menambal pondasi dak beton rumah bagian atas.
  • Melakukan Perbaikan Pada Pondasi Dak Beton Bagian Bawah

Untuk menambal kebocoran atau rembesan pada bagian pondasi dak beton bawah, maka cara ini yang harus Anda lakukan. Di antaranya adalah :

  1. Bersihkan terlebih dahulu permukaan pondasi dak beton dari debu dan kotoran yang menempel. Kalau perlu, Anda gunakan kape scrape untuk membersihkan permukaan pondasi dak beton yang bocor atau bermasalah
  2. Gunakan alkali sealer secara merata pada permukaan pondasi dak beton. Tunggu hingga kering.
  3. Setelah alkali sealer mengering, langkah selanjutnya adalah gunakan cat waterproof yang telah Anda campur air sekitar 10 persen dari berat total. Lakukan pengecatan sebanyak dua kali.

Nah, itulah beberapa cara waterproofing pada pondasi dak beton yang mengalami kebocoran atau rembesan air. Anda dapat menggunakan cat waterproof merk apapun, sesuai dengan budget dan selera Anda tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *