Ide Desain Ruang Taman Kanak- kanak yang Unik, Lucu, Ceria dan Kreatif

Desain ruang belajar anak khususnya taman kanak-kanak, harus mampu membangkitkan semangat untuk berkreasi dan belajar dalam waktu lama. Seperti yang kita semua pahami, anak senang sekali jika ruang kelas penuh warna ceria, penuh dengan item lucu, serta tingkat pencahayaan yang cukup.  Dengan nuansa kelas seperti itu, mood mereka dalam belajar akan tinggi. Anak tidak cepat merasa lelah dan bosan.

Penggunaan Kanopi Kaca Untuk Pengoptimalan Intensitas Cahaya Dalam Ruang Kelas

Kelas yang cukup akan cahaya, khususnya dari matahari akan membuat ruangan menjadi segar dan penuh energi positif. Sehingga mempengaruhi siswa dalam belajar. Ruang kelas taman kanak-kanak umumnya menggunakan tambahan kanopi kaca. Bagian ini biasanya ditambahkan pada sisi jendela, sela-sela interior atap. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesegaran ruangan. Dikarenakan intensitas cahaya alami yang berasal dari matahari dapat menembus interior ruangan dengan sempurna. Jika manfaat begitu penting, lalu bagaimana dengan budgetnya? Harga kanopi kaca sangat terjangkau. Walaupun mahal, kualitas yang dihasilkan sesuai. Biasanya sangat kuat dan tidak mudah pecah.

Dengan kekuatan dari bahan dasar kanopi kaca. Tidak mengherankan jika ahli interior ruang kelas taman kanak-kanak, selalu menambahkan kanopi kaca pada sisi yang efektif untuk penangkapan cahaya matahari. Selain daya tahan yang prima, ukuran juga turut mempengaruhi dari biaya kanopi kaca. Supaya lebih hemat anggaran, kontraktor interior biasanya tidak membutuhkan ukuran yang terlalu besar. Disesuaikan dengan kondisi ruang kelas. Karena jika terlalu besar efek pencahayaan menjadi berlebihan.

Ragam Dekorasi Cantik Untuk Interior Kelas Taman Kanak-Kanak

Jika sebelumnya lebih membahas mengenai ketersediaan sinar matahari dalam suatu kelas belajar anak. Bagian ini lebih menjelaskan dekorasi unik penuh keceriaan sebagai pembangkit semangat anak.

1. Dekorasi Unik Bertema Sirkus

Dekorasi Unik Bertema Sirkus

Ide dekorasi pertama mengambil tema sirkus. Pilihan tema ini dikarenakan kombinasi warna untuk sebuah dekorasi acara sirkus umumnya memakai nuansa cerah. Warna untuk mendesain berupa merah, biru langit, dan kuning. Ketiganya saling berpadu serasi jika ditempatkan untuk dekorasi furniture, dinding, atap papan tulis, lantai. Supaya lebih jelas, akan dijelaskan lebih lengkap pada paragraf berikut ini.

Dimulai dari interior atap, dapat ditambahkan aksen lampion yang menggantung. Warna lampion dibuat bervariasi yakni merah, biru langit, dan kuning. Sedangkan untuk dinding, bisa dikombinasikan dengan wallpaper vintage unik tema garis vertikal. Kesan keceriaan pada sirkus akan terasa dengan menempatkan wall sticker pada sisi atas kanopi kaca jendela. Tema sticker yang dipakai berupa tenda sirkus, dengan tambahan gambar langit. Lucu sekaligus menyegarkan menyegarkan pandangan anak di kelas.

2. Dekorasi Tema Hitam Putih

 

Dekorasi Tema Hitam Putih

Ide kedua lebih menekankan konsep warna elegan yakni hitam dan putih. Keduanya warna ini termasuk jenis netral. Ketika dikombinasikan dengan warna cerah lain yang lebih hidup, tidak mungkin saling bertabrakan. Justru akan memberikan kesan segar dan menarik.

Konsep warna hitam putih dipakai pada desain lantai, bagian atas kanopi kaca. Tema polkadot diterapkan pada keduanya. Kesan meriah penuh warna cerah ditambahkan pada dekorasi langit-langit serta papan tulis.Bagian langit-langit dihiasi dengan lampion yang dikombinasikan rantai warna-warni dari kertas krep. Anak semakin betah berlama-lama berada dalam ruang kelas.

Ruang belajar yang nyaman memang memiliki pengaruh besar pada pikiran dan jiwa anak. Mereka akan cenderung mudah berkonsentrasi menerima pelajaran. Apalagi untuk ruang belajar taman kanak-kanak, unsur keindahan menjadi nomer satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *