Inilah Desain Ruang Kelas untuk Taman Kanak Kanak

Taman kanak kanak merupakan sebuah tempat di mana anak bisa mempelajari banyak hal sebelum bisa masuk ke sekolah dasar. Biasanya, di taman kanak kanak menggunakan dekorasi yang penuh warna. Tujuannya adalah agar anak kecil betah untuk belajar dan tidak mudah bosan. Untuk itu diperlukan sebuah desain ruang kelas yang menarik agar anak kecil tidak mudah bosan. Inilah artikel mengenai desain ruang kelas untuk taman kanak kanak yang tidak buat anak bosan.

Ide Desain Ruang Kelas untuk Taman Kanak Kanak

Dekorasi pada taman kanak kanak tentu bertujuan untuk membuat minat murid untuk belajar menjadi meningkat. Faktor pertama yang bisa para murid lihat adalah dekorasi ruangan. Dekorasi tersebut sangatlah bermacam-macam. Inilah contoh dekorasi yang bisa menarik minat anak kecil.

1. Menempel huruf yang disusun seperti ulat

Ruang Kelas untuk Taman Kanak Kanak

Murid sebuah taman kanak kanak tentu sedang ada di masa belajar membaca. Dengan adanya dekorasi yang ada di dinding, tentu anak kecil akan terbiasa untuk melihat beragam bentuk dari huruf. Huruf yang digunakan juga cukup beragam, termasuk huruf hijaiyah. Sementara untuk bagian lantai, bisa digunakan karpet tile agar suasana belajar menjadi lebih hangat.

2. Memajang hasil karya murid

Pembelajaran pada masa kanak kanak tentu tidak lepas dari kegiatan menggambar dan mewarnai. Kegiatan lain yang cukup rumit adalah memotong dan menempel kertasa. Hasul karya tersebut akan sangat menarik dan memberikan motivasi lebih kepada para murid jika dipajang di sebuah papan. Dengan pemajangan tersebut, banyak anak yang akan termotivasi agar hasil pekerjaannya dibuat seindah mungkin. Untuk memandangi papan tersebut biasanya anak-anak cenderung lebih suka sambil lesehan di lantai. Untuk itu sebaiknya pada ruang kelas menggunakan karpet jenis tile agar lebih nyaman. Cukup banyak toko yang jual karpet tile dengan harga murah dan model yang menarik.

3. Memperkenalkan musik tradisional kepada anak-anak

Memperkenalkan musik tradisional kepada anak-anak

Musik tradisional saat ini memang mulai terlupakan oleh generasi muda. Berdasarkan keresahan tersebut, sebaiknya sejak dini generasi muda sudah harus mengenal aneka musik tradisional asli dari Indonesia. Untuk itu, pada taman kanak kanak bisa dicoba membuat sebuah ruangan khusus untuk musik. Cara membuatnya hanyalah dengan membuat dekorasi dinding dengan anyaman bambu dan juag lantai yang dilapisi dengan karpet tile. Langkah kecil tersebut jika berhasil diterapkan di banyak taman kanak kanak dan terus berlanjut sampai sekolah dasar tentu hasilnya akan sangat baik.

4. Hiasan pintu dari kertas

Salah satu bagian yang pertama kali dilihat ketika masuk ruang kelas adalah pintu. Untuk itu, pada bagian ini bisa dilapisi dengan hiasan kertas yang menarik. Hiasan tersebut bisa berupa potongan kertas atau kertas yang dilipat.

Demikianlah artikel mengenai desain ruang kelas untuk taman kanak kanak yang tidak buat anak bosan, salah satunya dengan penggunaan karpet tile. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mencoba membuat desain ruang kelas yang menarik, Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *