Kelebihan dan Kekurangan Pagar Besi Tempa

Pagar merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam rumah. Selain untuk memastikan batasan halaman rumah Anda dengan jalanan atau rumah orang lain, juga untuk melindungi rumah Anda agar tidak mudah dimasuki, apalagi oleh orang-orang jahat. Di samping peran fungsionalnya, pagar juga berperan dalam memperindah rumah Anda.

Dewasa ini banyak sekali produsen pagar yang membuat pagar dari berbagai material kuat dan elegan. Salah satu material pagar yang cukup populer adalah pagar besi tempa. Dalam proses pembuatannya, pagar ini dibentuk dari besi polos yang ditempa mengikuti desain yang diinginkan. Umumnya besi yang digunakan adalah besi yang memiliki 0.5% kadar karbon atau justru lebih kecil. Besi jenis ini sangat mudah dipanaskan sekaligus sangat mudah dibentuk sehingga cocok dibuat material pagar tempa. Karena mudah dibentuk, besi tempa dapat didesain mengikuti berbagai gaya dari mulai modern hingga klasik. Selain itu besi ini juga dapat dikostum sesuai kebutuhan ukuran sehingga dapat dipasang sebagai pagar besi minimalis di rumah minimalis Anda.

Kelebihan Pagar Besi Tempa

Besi tempa sebagai pagar memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus Anda tahu sebelum Anda memutuskan untuk mulai memasangkannya. Adapun kelebihan dari besi tempa ini di antaranya:

1. Awet dan tahan lama

Material besi sangat kuat sehingga awet dan tahan lama. Besi tempa tidak mudah berkarat sehingga cocok dipasang di tempat dengan cuaca ekstrem. Usia besi tempa bisa mencapai 20 tahun atau lebih.

2. Desain fleksible

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, besi tempa sangat mudah dibentuk sehingga modelnya dapat menyesuaikan dengan gaya apa saja yang diinginkan. Besi tempa tidak pernah ketinggalan zaman, setiap ada trend apapun pada model pagar besi, besi tempa selalu dapat mengikutinya. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat Anda memiliki banyak ide untuk pagar Anda karena besi tempa dapat memenuhinya.

3. Aman

Besi merupakan material yang kuat. Selain tidak mudah rusak oleh cuaca juga efektif dalam melindungi rumah dari orang-orang jahat sehingga rumah Anda terjamin akan tetap aman.

4. Terlihat kokoh dan elegan

Karena kuat, besi tempa menghadirkan visual yang kokoh dan elegan sehingga akan semakin menambah kesan yang indah pada rumah Anda.

Kekurangan Pagar Besi Tempa

Di samping kelebihannya, besi tempa juga memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya:

1. Mudah berkarat

Pada poin kelebihan sebelumnya, besi tempa dikatakan awet dan tidak mudah berkarat. Itu memang benar adanya. Tapi jika usianya sudah tua, besi ini sangat rentan terhadap karat sehingga harus melakukan upaya tertentu seperti mengecatnya dengan cat anti karat.

2. Harga yang mahal

Harga besi tempa cukup mahal dibandingkan dengan harga material pagar lainnya, bahkan untuk ukuran pagar besi minimalis sekalipun. Oleh karenanya jika Anda ingin menggunakan besi ini sebagai material pagar, Anda harus menyiapkan kantong yang cukup tebal. Namun Anda tidak perlu khawatir karena harga yang mahal akan terbayarkan oleh keuntungan yang Anda dapatkan dari memiliki pagar jenis ini.

3. Berat

Selain kokoh dan kuat, besi juga sangat berat sehingga saat Anda membukanya mungkin Anda akan mengeluarkan tenaga lebih besar dibandingkan dengan Anda membuka pagar jenis lainnya.

Itulah kelebihan dan keukurangan besi tempa sebagai material pagar. Setelah Anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya, Anda akan semakin lebih matang memutuskan untuk menggunakan besi tempa atau tidak sebagai pagar pelindung rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *