Ingin Memilih Plafon Terbaik? Cermati Kelebihan dari GRC Ini

Plafon menjadi bagian penting dalam konstruksi rumah. Ada banyak material yang digunakan, salah satunya yang paling sering adalah plafon GRC. GRC adalah singkatan dari Glass Reinforced Concrete, dimana produk ini sering disebut sebagai semen cetak. Hal tersebut tidak salah karena pembuatan GRC memanfaatkan semen yang dicampur dengan fiber. Sebagai semen cetak, penggunaannya pun tidak sebatas untuk plafon saja tetapi juga untuk dinding indoor dan outdoor.

Ketahanan GRC ini mampu menggantikan material-material yang dulunya digunakan sebagai konstruksi bangunan. Seperti menggantikan batu bata, kayu, gypsum dan beton. Tentu saja penggunaannya sebagai plafon bukan tanpa kelebihan karena mampu menggeser penggunaan material yang biasa digunakan. Apa saja kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan plafon GRC? Berikut ini informasinya untuk Anda.

Berbagai Kelebihan Plafon Berbahan GRC

Kelebihan dari GRC Dalam Memilih Plafon Terbaik

Anda mungkin masih ingin mempertimbangkan untuk menggunakan material yang lainnya. Tapi ketika membandingkan, perlu sekali mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap bahan. Apalagi jika ingin menggunakannya sebagai plafon, karena fungsinya yaitu menghalangi debu, kotoran bahkan resiko air yang masuk melalui genteng.

Berikut ini kelebihan dari plafon GRC yang akan didapatkan setiap hunian:

  • Model plafon

Kelebihan dari GRC Dalam Memilih Plafon Terbaik

Salah satu kelebihan dari GRC adalah material yang memiliki lebih banyak desain. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam desain seperti minimalis, klasik, hingga modern. Walaupun merupakan semen cetak namun GRC memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 2 mm hingga 15 mm. Ketebalan inilah yang membuat lebih banyak variasi model.

  • Ketahanan terhadap air

Jika menggunakan kayu atau gypsum sebagai plafon, maka air adalah musuh terbesar yang harus dihindari. Padahal ketika hujan, air bisa masuk dengan mudah dari sela genteng. Plafon gypsum atau kayu akan mudah berjamur dan mengurangi ketahanannya. Berbeda sekali dengan GRC, karena terbuat dari semen maka ketahanannya terhadap air sangatlah tinggi. Walaupun terkena air, plafon tidak akan mudah berjamur.

  • Proses pemasangan yang cepat

Proses pemasangan lebih cepat dibandingkan kayu atau gypsum. GRC untuk plafon memiliki ukuran tertentu dan setelah membuat kerangka bisa langsung dirangkai. Inilah yang membuatnya lebih cepat dibandingkan bahan lainnya. Proses pemasangan pada rangka harus menggunakan baut, tapi tetap memanfaatkan jasa profesional. Anda tidak bisa memasangnya sendiri tanpa keahlian dan pengalaman. Salah memasang akan membuat GRC menjadi retak.

  • Tahan terhadap api

Tidak hanya tahan air, tetapi juga tahan api. Inilah keunggulan dari material GRC sebagai plafon yang harus diperhatikan. Plafon menjadi bagian yang biasanya cepat terbakar, tetapi jika Anda menggunakan bahan yang tidak merambatkan api, resiko kerusakan akan berkurang. Cukup jarang menemukan material yang tahan terhadap rambatan api.

  • Harga yang lebih murah

Banyak yang mengira bahwa plafon dengan bahan GRC akan lebih mahal daripada gypsum atau kayu. Bahan cetak semen membuat banyak yang menganggap bahwa GRC adalah material yang sangat mahal. Faktanya, material GRC justru lebih murah daripada gypsum atau kayu. Anda bisa memangkas budget renovasi atau membangun rumah lebih banyak karena plafon digunakan hampir pada seluruh ruangan.

Setelah mengetahui semua kelebihan dari plafon GRC, apakah masih ingin beralih menggunakan material lainnya? Jika ingin menggunakan GRC, sebaiknya mulailah untuk menghitung jumlah bahan yang dibutuhkan serta memilih jasa yang tepat. Jika ingin praktis, pilihlah jasa profesional yang akan membantu untuk menghitung semua kebutuhan material hingga pemasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *