Kenali Jenis Bahan Peredam Suara Pada Interior Ruang Siar Radio

Jika Anda pernah masuk ke dalam sebuah studio siaran radio, pasti menyadari ada hal yang berbeda dari ruangan tersebut dibandingkan dengan ruangan-ruangan yang biasanya. Salah satu hal yang paling mencolok adalah interiornya. Pada semua ruang siaran radio, biasanya dindingnya dilapisi sebuah bahan khusus yang berfungsi sebagai peredam suara. Ya, setiap ruang siaran memang dilapisi peredam suara yang bertujuan agar suara siaran terdengar sangat jernih dan jelas serta tidak ada gangguan suara lain diluar suara penyiar. Penggunaan bahan peredam suara untuk sebuah ruang siaran radio adalah protokol wajib yang harus tersedia. Adapun beberapa jenis bahan peredam suara yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 

Macam Bahan Peredam Suara Pada Ruang Siaran Radio

Dalam interior ruang siaran radio, menggunakan peredam suara terbaik adalah hal penting agar kualitas siaran pun dapat terjaga. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis bahan peredam suara yang biasanya digunakan dalam interior ruang siar radio :

1. Glasswool

Jual Glasswool

Bahan pertama yang biasanya digunakan sebagai peredam suara di interior ruangan siaran radio adalah Glasswool. Bahan yang satu ini terbuat dari fiberglass yang mempunyai teksture seperti wool atau bulu domba. Harga glasswool ini sendiri terbilang murah dan mampu menyerap panas dengan baik. Ketebalan dari graswool sendiri sekitar 25 mm hingga 50 mm dengan densitas 25 g/cm3 – 75 g/cm3. Bahan ini sendiri terjual dalam bentuk roll dan mudah untuk ditemukan.

2. Rockwool

Bahan peredam suara selanjutnya yang digunakan pada interior ruang siaran radio adalah Rockwool. Bahan ini dapat dikatakan hampir sama dengan Glasswool, hanya berbeda dari densitasnya saja yang berada di angka 30 g/cm3 – 100 g/cm3. Bahan ini tahan panas dan juga mampu menyerap suara dengan baik. Untuk harga rockwool biasanya lebih mahal sedikit dibandingkan dengan glasswool.

3. Busa

Busa merupakan bahan yang sudah tidak asing lagi untuk digunakan sebagai peredam suara di studio ataupun ruang siaran radio. Bahan ini sendiri terbuat dari polyurethane foam, di mana memang sangat ampuh untuk meresap suara. Busa ini sendiri memiliki bentuk yang berbeda-beda seperti telur, pyramid, segitiga dan lain sebagainya, di mana bentuknya yang tidak rata inilah yang membuat bahan ini dapat menjadi peredam suara yang baik. Harga dari bahan peredam suara busa ini dapat dikatakan tidak berbeda jauh dari harga glasswool ataupun rockwool.

4. Cellulose Fiber

Bahan yang dapat menjadi peredam suara dalam interior ruangan siaran radio, di mana bahan ini sendiri terbuat dari bahan alami seperti kulit kayu, daun dan tanaman lainnya. Bahan ini sendiri memiliki tekstur yang berpori, di mana karena hal inilah membuat suara dapat teredam dengan sangat baik. Ada penelitan yang menyatakan bahwa 1 cm Cellulose Fiber dapat menyerap 50% suara. Untuk harga sendiri biasanya lebih mahal dari harga rockwool ataupun glasswool.

5. Acourete Fiber

Acourete Fiber

Bahan peredam suara khusus untuk digunakan sebagai interior ruang siar radio ini sendiri terbuat dari bahan sintetis, di mana bahan ini berwarna putih dan memiliki ketebalan 4 mm hingga 10 mm dan memiliki lebar sekitar 1,5 mm. peredam suara yang satu ini dapat dikatakan sebagai bahan paling unggul dari bahan peredam suara lainnya. Di mana harganya jauh lebih mahal dibandingkan harga glasswool maupaun rockwool. Bahan ini sendiri mampu menahan suara sangat baik.

Itu adalah beberapa bahan peredam suara yang biasanya digunakan dalam interior sebuah ruangan siar radio. Baik harga rockwool, glasswool, busa, hingga acourete fiber yang berbeda-beda, namun semua bahan tersebut mampu menyerap suara sangat baik sehingga menjadi bahan unggulan untuk digunakan dalam studio siaran radio.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *