Kenapa Penggunaan Listrik Menumpuk di 1 Stop Contact Itu Berbahaya?

Pernahkah kamu menggunakan 1 stop contact secara menumpuk? pastinya pernah deh. Tapi terkadang kamu suka tak sadar dengan apa yang kamu gunakan. Misalnya, kulkas, TV, charger ponsel, mejikom dan sebagainya yang berhubungan dengan listrik pastinya. Kamu tahu tidak bahaya dari penggunaan listrik yang ceroboh seperti itu ternyata efeknya banyak loh. Penggunaan 1 stop contact secara menumpuk sangat berbahaya apalagi kalau di rumah suka tak sadar, dispenser, mejikom, dan kulkas selalu 1 stop contact. Menurut Frankco Nasarino Nainggolan, Product marketing partner retail businnes schneider electric  menjelaskan stop kontak yang dipasang terlalu banyak terminal akan berpotensi lebih mudah mengalami kebakaran dan menimbulkan korsleting.

2 Sumber Bahaya Listrik Pemakaian Stop Kontak Menumpuk yang Harus Kamu Ketahui

Bahaya listrik tersebut timbul dari busur listrik yang muncul saat pemasangan steker yang terlalu kendor karna banyak cabang. Nah disini akan membahas potensi bahaya listri dari pemakaian stop kontak yang menumpuk.

1. Peralatan Listrik Standar

Pertama tama kamu harus tahu dulu stop kontak yang kamu pakai baik atau tidak, aman atau tidak. Kamu dapat memilih peralatan listrik yang kamu pakai yang sesuai dengan pemerintahan, seperti ada tanda SNI nya, yang sudah di cap aman, terus kabel stop kontak pun harus berstandarisasi dari Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK). Logo LMK biasanya terdapat di kemasan kabel.  Setidaknya kamu harus tahu keamanan kabel kamu ya.

2. Peralatan Listrik Standar

KHA kabel dengan penumpukan stop kontak, apasih hubungannya?

Biasanya kabel stop kontakmu pastinya standar pada umumnya memiliki tipe NYM 3 x 1,5mm. Berdasarkan Kabel KHA, maka Kabel itu mampu tahan dengan arus maksimal sebesai 19 Ampere, dengantegangan 220 volt. Jenis kabel tersebut digunakan untuk menyuplai daya sebesar 220 volt x 19 ampere = 4180 VA, atau beban yang digunakan maksimal sebesar 220 volt x 19 ampere x 0.8 = 3344 watt. Nah menurut standar stop kontak mampu dipakai 3344 watt. Jika kamu memasang beban lebih dari KHA kamu akan berbahaya kebakaran akibat aliran listrik.

Disini juga akan membahas berbagai alasan mengapa penting untuk memastikan intalasi listrik di rumahmu dengan benar dan aman.

1. Mampu Meningkatkan Keamanan Rumahmu

Instalasi listrik yang tidak benar pemasangannya akan berakibat tida baik, dan banyak resiko yang sangat membahayakan rumamu nantinya. Kamu bisa merasakan kesetrum, konslet, malah bisa sampai kebakaran loh. Kalau sudah benar merancangnya dengan baik kamu juga harus memilih komponen listrik yang berkualitas, dari kabel, sambungannya, saklar pun harus ada logo SNI dan LMK ya jangan lupa. Supaya makin aman.

Kalau kamu bingung untuk memasang listrik itu sendri, kamu bisa mengguanakan jasa instalasi listrik itu sendiri. Supaya makin mudah pengerjaannya untuk rumahmu, merekapun lebih pengalaman untuk masalah listrik pastinya.

2. Perawatan Hingga Renovasi Akan lebih Mudah

Nah, pasti kamu suka nih untuk mengganti model rumahmu, atau ingin menambah tingkat rumahmu, pastinya kamu renovasi besar besaran kan. Terus gimana masalah listriknya? itu dia yang tadi sayabilang, kalau kamu sudah memakai jasa instalasi listrik  pasti kamu dengan mudah tahu untuk menambah aliranlistrik untuk rumahmu. makin mudah kan, aman pula.

Baca juga: Skylight, Solusi Ruang Keluarga Terang Dengan Pencahayaan Alami nan Menyehatkan

3. Pengunaan Listri di Rumah dengan Efesien

Pemasangan aliran listrik dengan baik dan aman, dapat mengatur efisiensi penyaluran daya sehingga tak ada daya yang terbuang percumanya. Kamu bisa menggunakan listrik lebih hemat lagi pastinya.

Nah itu dia bahaya yang harus kamu ketahui jika suka menggunakan 1 stop kontak, dan kamu harus tahu kabel berstandar yang baik apa. Intinya kamu harus memahami listrik dengan baik, jangan ceroboh untuk pemakaiannya. Jika kamu ceroboh, tidak hanya rumahmu yang dalam bahaya, tapi dirimu juga. Nikmati listrik dengan baik, jangan sampai kecerobhan itu menjadi bumerang untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *