Penting! Sebelum Membeli, Ketahui Kiat-Kiat Pemilihan Pintu Geser

Sliding door adalah salah satu jenis pintu yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Ada berbagai macam kelebihan yang pada akhirnya membuat orang-orang lebih memilih jenis pintu ini daripada pintu engsel. Selain karena lebih menghemat ruang, pintu geser juga dianggap memiliki nilai estetika yang lebih tinggi. Ada baiknya Anda mengetahui kiat-kiat pemilihan pintu geser terlebih dahulu jika hendak membelinya, seperti yang akan dibahas pada artikel ini. Namun sebelum itu, yuk ketahui dulu keunggulan pintu geser daripada pintu biasa!

Berbagai Kelebihan Menggunakan Pintu Geser

  • Menghemat Ruang

Jika dibandingkan dengan pintu engsel, tentu dapat dilihat perbedaan yang sangat mencolok khususnya mengenai hal pemanfaatan ruang. Dalam hal itu, pintu geser tetap menjadi pintu yang paling hemat ruang.

  • Memberi Kesan Luas pada Ruangan Sempit

Penggunaan pintu geser ini dikhususkan untuk mereka yang memiiki ruangan sempit atau minimalis. Selain mempertimbangkan sisi estetikanya, ternyata sliding door juga memiliki fungsi yang menarik. Yakni memberi kesan luas pada ruangan sempit.

  • Sebagai Dekorasi dan Menambah Nilai Estetika Ruangan

Jangan mengira bahwa semua pintu geser berwarna monoton dengan motif yang itu-itu saja. Sebaliknya, tersedia berbagai macam motif, jenis, hingga warna yang dapat disesuaikan dengan berbagai tema atau konsep ruangan.

Inilah Kiat-Kiat Pemilihan Pintu Geser

1. Perhatikan Material Pembuatan Pintu Geser

Tentu Anda tidak menginginkan barang yang berkualitas rendah dan mudah rusak, bukan? Apalagi barang yang dimaksud adalah pintu rumah, padahal yang kita tahu pintu adalah salah satu elemen interior yang sangat peniting dan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama (bahkan bisa jadi tidak akan diganti seumur hidup bangunan). Namun apa jadinya jika ternyata pintu yang dibeli menggunakan material berkualitas rendah?  Besar peluang pintu tersebut hanya bertahan beberapa tahun, atau bahkan beberapa bulan saja.

Oleh karenanya supaya tidak menyesal di kemudian hari, sangat disarankan kepada Anda yang tertarik untuk membeli sliding door agar memperhatikan terlebih dahulu material pembuatan pintu tersebut.

2. Pilih Desain Pintu yang Cocok dengan Tema Ruangan Anda

Akan terkesan sangat tidak estetik, apabila menggunakan desain pintu yang berbeda dengan dominasi tema ruangan Anda. Telitilah, pahami atmosir dari suatu ruangan terlebih dahulu sebelum membeli dan mengaplikasikan pintu geser di rumah. Misalnya saja, jika rumah Anda didominasi oleh tema Jepang, maka ada baiknya membeli sliding door bertemakan Jepang pula.

3. Sesuaikan dengan Fungsinya

Pintu geser transparan bukanlah tipe yang cocok untuk dijadikan sebagai pintu kamar mandi. Begitu pun juga pintu lipat geser, mungkin tidak cocok apabila ditempatkan di ruang tamu. Dari kedua contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap pintu memiliki fungsi dan letaknya masing-masing. Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin membeli pintu geser, perhatikan terlebih dahulu fitur yang melekat dan fungsi sebenarnya dari pintu tersebut.

4. Perkirakan/Estimasi Harga Pintu Geser

Last but not least, ada baiknya Anda estimasikan terlebih dahulu berapa harga yang dibutuhkan untuk pembelian hingga pemasangan pintu geser. Berkaitan dengan isu finansial atau budget. Saat ini sudah banyak katalog atau referensi yang memuat informasi lengkap mengenai pintu geser. Mulai dari harga pintu (termasuk spare part), hingga biaya pemasangan. Yang dimana dengan pengestimasian tersebut Anda bisa memanfaatkan budget dengan sebaik-baiknya.

Itulah tadi kiat-kiat dalam memilih pintu geser sebelum membeli dan mengaplikasikannya di rumah. Sliding door akan membuat suasana di rumah Anda menjadi lebih luas dan tentunya memiliki nilai estetika yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *