Pintu Kaca Di Rumah Anda Mudah Rusak? Gunakan Tips Berikut Agar Pintu Lebih Awet Dan Tahan Lama

Penggunaan pintu kaca semakin banyak diminati, seiring dengan berkembangnya rumah kaca yang menjadi salah satu konsep rumah modern. Namun banyak ditemukan, pemilik rumah yang direpotkan dengan penggantian pintu berulang kali akibat rusak. Hal ini tidak hanya disebabkan karena kualitas pintu kaca tempered yang kurang baik, namun juga penggunaannya yang salah dan tidak sesuai prosedur.

5 Tips Agar Awet Menggunakan Pintu Kaca

Banyaknya kerusakan pintu kaca seringkali disebabkan karena pemiliknya tidak bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Akibatnya mereka menyalahkan produsen kaca yang dianggap menjual pintu dengan kualitas rendah. Padahal kerusakan ini bisa diminimalisir dengan tips penggunaan pintu kaca yang sesuai prosedur seperti berikut.

1. Memasang Pintu Kaca di Lokasi yang Aman

Tips pertama agar pintu kaca lebih awet adalah peletakannya yang aman dari faktor alam ataupun buatan yang seringkali membuat pintu kaca rusak. Seperti suara yang terlalu keras, paparan cahaya matahari yang tidak terhalang apapun, hingga suhu udara yang tidak stabil.  Oleh sebab itu, sebelum membuat konsep rumah kaca menggunakan pintu kaca frameless, seseorang harus mempertimbangkan peletakan pintu di tempat yang aman.

Seperti menghindari peletakan yang berhadapan langsung dengan paparan sinar matahari, ataupun menjauhkan lokasi pintu dari jalan raya yang bising. Kalaupun posisi rumah dekat dengan area yang bising, seseorang bisa mengatasinya dengan melapisi sisi kaca dengan bahan yang kedap suara. Sementara jika pintu kaca harus menghadap matahari, tanami pohon yang tinggi untuk di area yang bisa menghalangi pintu dari sinar matahari.

2. Melapisi Pintu dengan Stiker Kaca

Setelah peletakan pintu di lokasi yang aman, pemilik rumah juga bisa menjaga daya tahan pintu kaca dengan melapisi dengan stiker kaca. Stiker kaca sangat ampuh untuk melindungi permukaan kaca dari goresan benda tajam, selain itu kaca juga bisa terhindar dari bakteri yang bisa merusak struktur pintu. Jika seseorang bisa memilih stiker kaca yang menarik, maka pintu tidak hanya lebih awet namun juga terlihat lebih indah sebagai interior rumah.

3. Kuatkan dengan Frame Berkualitas

Sisi dan sudut kaca rentan terkena goresan dan benturan yang menyebabkannya mudah lecet dan pecah. Untuk mengatasinya, penggunaan frame kaca sangat penting sebagai pelindung sisi kaca dari benturan akibat orang yang berlalu lalang di pintu. Gunakan pintu kaca frameless untuk lebih memaksimalkan fungsi dari frame kaca yang digunakan.

4. Bersihkan dengan Cara yang Benar

Membersihkan pintu kaca harus dengan perlakuan yang khusus, karena sifat kaca yang rentan pecah walaupun sudah melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi seperti kaca tempered. Hindari membersihkan kaca dengan alat tajam untuk menghilangkan kotoran membandel ataupun menekannya saat proses pembersihan. Sebaiknya gunakan pembersih kaca yang diformulasikan khusus untuk membersihkan noda membandel.

5. Gunakan Kaca Berkualitas Tinggi

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pemilihan pintu kaca tempered yang berkualitas tetap menjadi faktor utama yang menentukan daya tahannya. Walaupun memiliki harga yang lebih mahal, namun jika memiliki daya tahan yang sangat baik maka lebih hemat dibandingkan memilih kaca yang murah tetapi tidak berkualitas dan mudah rusak, sehingga harus membeli berulang kali.

Lima tips menggunakan pintu kaca ini patut untuk diterapkan di rumah, karena mudah dan sudah terbukti menjaga daya tahan pintu. Dengan demikian maka anda tidak perlu direpotkan dengan pergantian pintu kaca tempered berulang kali akibat kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *