Plafon Gypsum Anda Jebol? Tidak Perlu Panggil Tukang, Perbaiki Sendiri Saja!

Menggunakan bahan gypsum untuk plafon, dinding juga penyekat ruangan kini sedang tren. Hal ini karena beberapa kelebihan gypsum dibanding bahan bangunan lain seperti bata, batako atau beton untuk dinding, dan kayu, tripleks atau material lain untuk plafon. Dibanding material lain, gypsum bobotnya jauh lebih ringan, mudah dipasang, fleksibel, dan murah sehingga akan menghemat banyak waktu dan biaya selama pembangunan.

Kini toko yang menjual bahan gypsum pun kian menjamur karena permintaan yang meningkat seiring dengan gencarnya pembangunan perumahan, apartemen, pertokoan hingga perkantoran. Bahan gypsum begitu mudah dicari, berikut jasa pemasangannya. Harga gypsum pun beraneka ragam, tergantung jenis,  bahan serta ukurannya. Jika ingin mencari plafon gypsum, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu ke toko-toko bangunan atau toko khusus yang jual plafon gypsum murah untuk membandingkan harga dan kualitas.

Lebih Rentan Rusak

Karena bahannya yang lebih ringan dan tipis gypsum memang lebih mudah mengalami kerusakan. Kerusakan gypsum plafon biasanya karena ada genteng bocor atau kejatuhan benda berat dari atas, pemasangan oleh orang yang tidak ahli, atau bisa juga tersodok benda dari bawah. Kerusakan plafon tersebut bisa berupa retakan, menghitam atau berlumut, lubang kecil hingga lubang besar.

Namun jangan khawatir karena gypsum juga mudah diperbaiki, bahkan bisa diperbaiki sendiri tanpa perlu memanggil tukang. Dengan kemudahan ini tentunya Anda juga bisa menghemat biaya perbaikan dibanding jika Anda menggunakan plafon dari kayu atau tripleks yang jika rusak harus diganti semua untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki

Untuk memperbaiki plafon gypsum yang rusak, Anda harus melihat dulu seperti apa kerusakan yang terjadi di plafon tersebut. Pada umumnya ada 3 cara yang biasanya digunakan untuk memperbaiki plafon rusak atau jebol, yakni untuk ukuran kecil kurang dari 5 cm, ukuran sedang antara 5 cm hingga 10 cm dan ukuran besar di atas 10 cm.

memperbaiki plafon gypsum

Untuk memperbaiki plafon yang rusak atau jebol, dibutuhkan alat yang cukup sederhana dan beberapa di antaranya bisa Anda beli di toko bangunan dan toko yang jual plafon gypsum jika Anda harus mengganti plafon yang jebol dengan ukuran besar. Biasanya alat yang disediakan adalah plasterboard patches atau tambalan dinding siap pakai, compound, alat pemotong seperti cutter, gergaji dan sebagainya, penggaris atau meteran, surform atau alat perata, pensil untuk menandai, kain atau lap untuk membersihkan kotoran di sekitar plafon yang akan diperbaiki, ampelas, pita kertas gypsum, papan gypsum, scrape, rangka penahan bisa dari besi atu kayu, bor listrik, obeng dan cat atau alat untuk finishing lain.

1. Kerusakan kecil.

Untuk jenis kerusakan kecil, Anda bisa menggunakan plasterboard patches. Ukur dan bersihkan bagian yang akan ditambal dan jangan lupa setelah menempel plaster, Anda harus memberi compound dan mengampelas agar tidak terlihat sambungannya. Terakhir Anda bisa mengecat sesuai dengan warna plafon sebelumnya.

2. Kerusakan sedang.

Untuk kerusakan sedang, Anda bisa menambal dengan papan gypsum baru. Pastikan potongan lebih lebar 7 hingga 8 cm lebih besar dari ukuran lubang dan beri bahan penahan di belakang lubang untuk menahan lapisan baru. Selanjutnya Anda tinggal memberi compound, mengampelas dan mengecatnya.

3. Kerusakan besar.

Seperti kerusakan sedang, kerusakan besar juga perlu menggunakan gypsum baru untuk menambalnya. Anda bisa gunakan gergaji gypsum untuk memotong gypsum yang dibutuhkan. Untuk rangka penahan, Anda harus membuat beberapa potongan yang sama dan lebih panjang dari lubang dan menatanya vertikal atau horisontal. Gunakan sekrup untuk menempelkannya di dinding lubang. Anda kemudian bisa merekatkan gypsum baru ke penyangga tersebut dengan menggunakan perekat khusus yang mengandung serat kaca dengan pita perekat. Selanjutnya, Anda bisa mengampelas dan mengecatnya. Gunakan cat dasar dua lapis agar tertutup sempurna. Baru kemudian Anda gunakan cat yang sesuai dengan plafon lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *