Skylight, Solusi Ruang Keluarga Terang Dengan Pencahayaan Alami nan Menyehatkan

Sejak tersedianya fasilitas listrik, banyak kemudian ruangan-ruangan dalam rumah yang menggunakan lampu sebagai satu – satunya sumber penerangan utama baik siang maupun malam. Lampu dipilih karena mampu membangun suasana yang diinginkan. Namun tidak selamanya lampu baik, apalagi jika terus-terusan digunakan. Penggunaan lampu dalam jumlah besar berdampak pada borosnya penggunaan energi yang terbatas, terhadap kesehatan juga terhadap mood. Untuk itu, memiliki ruangan dengan pencahayaan alami tentu menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan lampu yang berlebihan.

Alasan masyarakat umum menggunakan penerangan lampu adalah karena area rumah yang sempit dan padat sehingga pencahayaan dari jendela tidak maksimal. Kini alasan itu tidak lagi berlaku untuk tetap menggunakan lampu. Anda  dapat menggunakan skylight yang serupa dengan jendela tapi di atap. Skylight dapat memberi pencahayaan yang optimal ke seluruh ruangan tanpa terbatas apapun. Setelah memasang skylight, Anda dapat menggunakan warna atau wallpaper sejuk sehingga ruangan akan terasa alami, seperti wallpaper Korea yang selalu membawa kesan sejuk di setiap motifnya.

Tips Mengplikasikan Skylight

Memasang skylight tentu saja tidak dapat sembarangan, Anda perlu memperhatikan beberapa komponen agar ruang keluarga menjadi ruang yang nyaman untuk selalu digunakan bersama. Komponen tersebut antara lain:

1. Arah

Arah jalannya matahari adalah dari timur ke barat, maka pasanglah skylight dengan arah lainnya. Hadapkan elemen konstruksi ini ke utara dan selatan. Hal ini berguna untuk tetap memberikan cahaya alami yang optimal tanpa memberikan efek panas terhadap ruangan.

Usahakan sinar matahari yang langsung menerangi ruangan adalah di sekitar jam 10.00 hingga 11.00, selebihnya biarkan cahaya yang masuk adalah cahaya tidak langsung. Hal ini juga berfungsi untuk membuat ruangan tidak terasa panas.

2. Ukuran

Usahakan ruangan yang akan dipasang skylight tidak kurang dari 7×7 meter, karena jika kurang dari itu ruangan akan terasa panas. Jika ruangan Anda kurang dari ketentuan tersebut, pasanglah kaca yang kecil dan wajar atau menggunakan sebagai alternatif pencahayaan lain Anda dapat menggunakan genteng fiberglass.

3. Rangka

Sebelum memasang skylight pastikan rangka atap yang Anda gunakan kokoh. hal ini dikarenakan skylight terbuat dari kaca yang tentu saja memiliki bobot yang cukup berat. Untuk itu pastikan rangka atap Anda kuat dan kokoh agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca juga: Daftar Harga Korden Kantor Ini Tidak Masuk Akal!

4. Modifikasi

Skylight memang terkenal dengan efeknya yang membuat ruangan keluarga menjadi panas yang pada akhirnya tidak nyaman ditempati. Efek panas itu tentu saja karena arah pemasangannya yang tidak tepat, seperti yang telah dijabarkan pada point pertama.

Selain arah pemasangan, Anda dapat memodifikasi skylight dengan membuat kacanya dapat dibuka tutup sehingga ruangan akan terhindar dari panas dan tentu saja akan mendapat angin alami dari luar. Hati-hati lupa menutupnya saat hujan ya!

5. Jenis kaca

Pastikan menggunakan kaca yang aman dan nyaman. Anda dapat melapisi kaca skylight dengan kaca buram atau kaca film. Hal ini berfungsi untuk menolak sinar ultra violet masuk dan juga mengurangi panas terhadap ruangan.

6. Ukuran

Usahakan ukuran skylight tidak terlalu besar, hal ini akan berdampak pada cuaca dingin malam yang masuk dan tentunya berbahaya bagi kesehatan.

7. Fitur pendukung

Untuk memaksimalkan kesan alami pada ruang keluarga, setelah memasang skylight, Anda dapat menambahkan beberapa tanaman hias yang juga dapat mengurangi panas karena dapat menyerap cahaya matahari untuk kebutuhan fotosintesisnya. Selain itu, pasang juga wallpaper yang sejuk seperti wallpaper dinding Korea yang memiliki moti-motif kalem dan menyejukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *