Tips Memilih Lantai Parket Berkualitas

Jika Anda ingin memiliki lantai rumah bernuansa kayu alami yang mudah dipasang, parket adalah solusinya. Saat ini jenis lantai tersebut sedang viral dan banyak diburu para pencinta interior alami, untuk menciptakan kesan mewah dan elegan. Namun agar bisa memperoleh produk yang tepat, Anda harus melakukan beberapa tips memilih yang benar. Apa saja tipsnya?

Tips Memilih Lantai Parket Berkualitas

7 Tips Ini Akan Berikan Pilihan Parket Terbaik

Coba terapkan tujuh tips berikut ini saat memilih lantai kayu/parket, dijamin Anda akan menemukan produk terbaik yang siap menambah keindahan lantai di hunian Anda. mulailah dari persiapan anggaran hingga ketahanan bahan tersebut pada berbagai kondisi. Jika memenuhi semua tips ini, maka produk tersebut sudah pasti masuk kategori berkualitas.

  • Anggaran

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan berapa anggaran yang disediakan untuk membeli lantai yang terbuat dari potongan olahan kayu tersebut. Memang jika dibandingkan jenis lantai lain lebih mahal, jadi ada baiknya mempersiapkan dana lebih banyak.

  • Jenis Kayu

Banyak jenis kayu yang bisa dijadikan parket dan bisa disesuaikan dengan kesan yang ingin ditimbulkan di sebuah ruangan. Jika Anda ingin menimbulkan warna coklat pada lantai maka bisa memilih jenis kayu Iroko, Bleached Oak, Afromorsia, atau Oak. Tapi kalau Anda ingin memberi kesan warna hitam elegan bisa memilih jenis kayu Wenge.

Anda bisa mencari referensi jenis kayu yang bagus melalui internet sebelum memilih produk di toko bangunan tempat penjualan lantai tersebut. sehingga saat memilih Anda jadi lebih mudah karena sudah paham perihal jenis kayu yang tersedia dan karakter masing-masing jenis tersebut.

  • Daya Tahan

Bagaimana dengan daya tahannya?pastikan Anda memilih lantai parket dengan daya tahan tinggi. Artinya bisa dipakai dalam waktu lama dan tidak mudah rusak. Ini tentu sangat berhubungan dengan bagaimana cara merawatnya, bagi yang memiliki kesibukan tingkat tinggi sebaiknya pilih yang mudah dibersihkan untuk tetap menjaga kualitasnya.

  • Lokasi Pemakaian

Lokasi pemasangan juga sangat penting diperhatikan saat memilih, karena tidak semua bahan bisa diaplikasikan di semua ruangan. makanya Anda harus memastikan ruang apa saja yang akan diberi sentuhan parket yang indah tersebut. karena tiap ruang memiliki kondisi berbeda, terutama dari segi pencahayaan, kelembaban dan luasnya.

  • Anti Rayap

Pastikan untuk memilih bahan yang anti rayap, sebab kayu sangat identik dengan rayap jika tidak dirawat dengan baik. Apalagi parket memang terbuat dari kayu asli yang diolah menjadi potongan kecil siap pakai. Anda harus memastikan hal ini pada penjualnya, dan lihat spesifikasi produk yang tertera.

  • Warna

Sesuaikan warna lantai dengan desain dan konsep ruangan yang akan dipasangi jenis lantai ini. Walaupun kebanyakan warna lantai ini netral, tapi tetap saja Anda jangan asal pilih warna yang akan membuat ruangan kehilangan daya tariknya.

  • Ketahanan Air, Cuaca dan Suhu

Ini adalah hal yang sangat penting, karena terbuat dari kayu maka parket akan sama dengan kayu asli yang biasanya sangat rentan menyusut dan berjamur jika terkena air atau berada di lokasi lembab. Makanya Anda harus pastikan apakah produk tersebut tahan air dan bisa aman digunakan pada cuaca di tempat tinggal Anda.

Pastikan untuk melakukan semua tips di atas agar Anda benar-benar mendapatkan lantai jenis parket terbaik untuk rumah Anda. Karena Anda tentu menginginkan lantai yang berkualitas, indah dan bisa tahan lama tanpa perlu biaya perawatan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *