Uniknya Desain Rumah Tanpa Plafon Ini Akan Buat Kamu Ingin Coba!

Plafon merupakan bagian langit-langit rumah. Keberadaan plafon membuat ruangan terasa lebih sejuk dan bersih. Plafon juga mampu menghadirkan kesan rapi pada ruangan. Benyuk balok terbentuk dengan rapi. Tetapi tampaknya model ini sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa kalangan. Sebagian masyarakat justru lebih nyaman dengan rumah tanpa plavon. Bukan tanpa alasan. Rumah tanpa plafon ternyata mampu memberikan kesan klasik sekaligus memasukan aspek industri dalam rumah.

Desain Ruangan Terbuka

Ruangan ini dibuat dengan mengesampingkan partisi ruangan. Bagian sekat pemisah semua bagian dihilangkan kecuali kamar. Agak aneh memang apabila desain ini diaplikasikan pada masyarakat Indonesia. Tapi nyatanya rumah dengan model seperti ini mulai menjadi trend. Perlahan tapi pasti masyarakat mulai menyukai rumah tanpa banyak menggunakan sekat.

Kesan luas dan lapang menjadi alasanya. Asalkan pandai dalam memilih furniture dan menatanya. Rumah akan menjadi lebih modern dan jauh dari kesan sempit dan kotor. Selain partisi, rumah juga menghilangkan aspek plafon. Rumah menjadi semakin terlihat luas dengan atap yang terlihat.

Rumah Tanpa Plafon dengan Perpaduan Interior Klasik

Rumah tanpa plafon memiliki ciri khas yang tidak dimiliki rumah jenis lain. Rumah terlihat lebih luas dan atap yang sangat tinggi. Rumah model ini sebenarnya hampir sama dengan beberapa pabrik. Model industri yang menampilkan atap secara lansgung adalah inspirasinya. Rumah akan terlihat semakin nyaman apabila interior sesuai.

Baca juga: Skylight, Solusi Ruang Keluarga Terang Dengan Pencahayaan Alami nan Menyehatkan

Perpaduan desain klasik dengan interior klasik pastilah sangat cocok. Kesan kuno namun mahal dapat terlihat nyata. Rumah model ini akan membuat para tamu merasa pergi jauh. Karena rumag tanpa plafon memang masih jarang di Indonesia.

Jendela dan Pintu yang Menjulang

Pintu dan jendela yang tinggi memang bukan ciri khas rumah indonesia. Tapi kalau ingin menunjukan suasana dan kesan berbeda sepertinya patut dicoba. Konsep mirip gereja bisa ditiru. Bangunan ini memang tidak diadopsi dari budaya masyarakat Indonesia. Konsep yang digunakan diambil dari eropa. Gaya rumah Eropa coba diaplikasikan agar terlihat berbeda dan tidak biasa.

Rumah Hangat Tanpa Plafon

Eropa memiliki udara yang lebih dingin dibandingkan Indonesai yang beriklim tropis. Jadi tidak heran kalau rumah disana dibuat dengan tujuan mampu menghangatkan seisi rumah. Cahaya matahari tidak terhalang oleh plafon sehingga langsung menyinari penghuni rumah dibawahnya.

Rumah tanpa plafon memang mampu menghadirkan suasana hangat didalam rumah. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Hal ini disebabkan tidak adanya penghalang diatap. Cahaya matahari langsung terjun bebas dan tidak terhalang plafon. Berbeda dengan rumah plafon yang terasa lebih sejuk karena cahaya matahari tertahan dilangit-langit. Sehingga hangatnya sinar matahari tidak maksimal atau bahkan tidak sampai jatuh ke dasar rumah.

Beberapa ide hunian tanpa plafon dapat dijadikan inpirasi dan masukan. Mencoba membuat rumah yang tidak biasa dan berbeda dari yang lain. Rumah yang tidak disertai plafon biasanya juga tidak dilengkapi banyak partisi. Hal ini bukanlah karena harga yang mahal. Harga partisi gypsum misalnya. Harga pasrtisi ini jelas masih terjangkau untuk pemilik rumah.

Desain dan gaya yang mendorong hal tersebut. Rumah tanpa plafon terlihat sangat tinggi. Saat dilengkapi dengan partisi yang banyak pasti akan terlihat aneh. Rumah menjadi sempit dan tidak proporsional. Disisi ekonomis, rumah model ini jelas tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Rumah tidak memerlukan biaya untuk membuat atau membeli partisi ruangan, atau membeli plafon. Simple dan terlihat sangat modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *