Waspadai Pengaruh Asap Rokok Dalam Rumah Pada Keawetan Interior

Tentu istilah perokok pasif bukan hal yang baru lagi. Orang disekitar perokok juga berpotensi mengalami semua kerugian yang dialami perokok hanya karena menghirup udara yang sama. Fakta mengejutkan lainnya menyatakan ternyata asap rokok dapat menempel pada pakaian, sofa, tirai dan material lainnya. Pengaruhnya pada kesehatan sama berbahayanya seperti terpapar asap rokok sebagai perokok pasif.

Pengaruh Asap Rokok Terhadap Interior Dalam Rumah

Salah satu alasan mengapa orang merokok diluar rumah adalah menghindari menempelnya partikel berbahaya. Bahkan zat kimia yang terbawa pada pakaian perokok dapat menyebar kedalam rumah. Selain menjadi penyebab masalah kesehatan bagi orang sekitar, asap rokok juga merusak kualitas berbagai material kain dalam interior rumah. Sehingga penting untuk menyadari pengaruh asap rokok dalam ruangan dan menghindari pengaruh buruknya.

1. Wallpaper Lembab

Membersihkan wallpaper anak-anak cukup dengan menggunakan kemoceng. Namun bila terbuat dari bahan kain dan sering terpapar asap rokok maka dapat merubah warna dan meninggalkan partikel halus yang berbahaya untuk penghuni rumah. Gunakan lap yang dibasahi air untuk membersihkannya dan dikeringkan dengan bantuan vacuum cleaner. 

2. Tirai Dengan Noda

Tirai Dengan Noda

Bila dan bingung dengan noda kecoklatan pada tirai dijendela anda, mungkin ada orang dalam rumah yang sering merokok didekatnya. Hal ini juga mudah dideteksi dengan bau asap rokok yang pasti tertinggal pada kain tirai. Bila anda menemukan noda tersebut, maka segeralah cuci atau masukan ke dalam laundry, agar noda dapat cepat dihilangkan dan tidak meninggalkan bekas.

3. Bau Tidak Sedap Pada Perabotan

Walaupun anda merokok diluar rumah, namun bila pulang kerja dan beristirahat di sofa maka bekas rokok dari pakaian akan tertinggal pada sofa. Mungkin akan meninggalkan sedikit udara tidak sedap. Namun setelah terakumulasi bau yang terciup akan lebih tidak nyaman. Biasakan langsung mandi dan berganti pakaian sebelum beristirahat dan gunakan filter udara untuk menetralisir asap rokok bila dirumah ada yang merokok.

4. Zat Kimia Menempel Pada Pakaian

Jangan salah, asap rokok tidak semua menguap ke udara. Ada yang menempel pada tangan, pakaian bahkan masker yang anda gunakan. Seorang perokok adalah media penghantar zat berbahaya yang sering tidak disadari. Masalah kesehatan seperti kekebalan tubuh menurun, mudah flu, masalah pernafasan sampai alergi bisa terjadi bukan hanya pada perokok tapi juga orang yang berada disekitarnya.

5. Bedding Tidak Sehat

Bila anda merokok didalam kamar tidur agar orang rumah tidak tahu anda merokok, maka anda harus lebih hati-hati. Asap rokok yang tertinggal pada perangkat tidur seperti bantal, sprei, selimut dapat menahan partikel halus yang dihasilkan asap rokok cukup lama pada kain. Menghirup material ini selama anda tidur selain tidak baik bagi kesehatan juga merusak kualitas dan warna bedding kamar tidur anda.

6. Mainan Berpotensi Masalah Kesehatan

Anak-anak adalah yang paling berpotensi kesehatannya terpengaruh dengan asap rokok, terutama bila ada anggota keluarga yang merokok. Boneka, mainan ter utama yang berbagan kain atau bulu dapat terakumulasi antara debu dan partikel halus asap rokok dan terhirup oleh anak anda. Hindari masalah kesehatan yang bisa dipicu karena asap rokok anda tertinggal dimana-mana.

Faktanya, walau kini banyak yang jual wallpaper anak, kain tirai, bedding dengan kualitas premium namun material ini dapat rusak hanya dikarenakan asap rokok. Terlebih lagi sifat kimia asap yang sangat kecil dan tertinggal pada kain yang berbahaya bagi penghuni rumah, bahkan walau mereka tidak merokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *