Yuk, Bikin Gudang Mini dengan Manfaatkan Space di Langit-Langit Rumah

Memiliki hunian yang besar dan nyaman tentunya menjadi impian semua orang. Apalagi jika rumah tersebut dibangun dengan interior yang estetik dan wallpaper dinding yang cantik, pastinya bakal betah bersantai di rumah. Sayangnya, hal tersebut tak mudah dicapai mengingat harga rumah yang tinggi.

Langit-Langit Rumah Bisa Diubah Jadi Gudang Estetik dengan Tips Berikut Ini

Dengan memanfaatkan setiap sudut rumah sebaik mungkin, dijamin hunian kita bakal terlihat lebih luas dan tentunya bikin betah. Apalagi dengan banyaknya toko wallpaper dinding murah yang bikin hunian terlihat indah. Dari banyak sudut rumah, salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah langit-langit rumah. Space di langit-langit akan sia-sia jika tak dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Berikut tips membuat gudang mini di langit-langit rumah…

1. Kosongkan langit-langit rumah

 

langit-langit rumah

Biasanya, bagian langit-langit rumah akan penuh dengan berbagai perabotan atau benda-benda yang tak terpakai namun tak kunjung dibuang. Seperti kursi rusak, ember, hingga wallpaper dinding yang tak terpakai. Saking banyaknya, bisa jadi langit-langit rumah malah penuh dan kotor.

Untuk membuat gudang mini di langit-langit rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengosongkan tempat tersebut. Keluarkan semua barang yang ada di sana. Bisa juga dengan membongkar semua barang yang terlanjut masuk di kardus loteng. Hal ini dilakukan agar kalian bisa lebih mudah membersihkan langit-langit rumah yang biasanya sangat sempit.

2. Sortir barang yang dibutuhkan

 

Setelahnya, kalian bisa melakukan tahap kedua yaitu menyortir barang tersebut. Kalian bisa memilah-milah barang mana yang sekiranya masih dibutuhkan dan tidak. Barang yang ada di dalam kardus pun ada baiknya dikeluarkan dan ditata dengan rapi agar proses penyortiran lebih mudah.

Sedikit tips lainnya, jangan langsung buang barang tersebut ke tempat sampah. Barang yang sekiranya masih dalam kondisi baik namun tak lagi kalian perlukan bisa dijual ke tukang loak. Dengan begitu, uang hasil penjualnya pun bisa dipakai ke toko wallpaper dinding murah untuk mempercantik gudang mini kalian.

3. Pasang pencahayaan terang dan pastikan langit-langit tak lembab

 

langit-langit tak lembab

Loteng yang sempit dan gelap pastinya akan sulit untuk dibersihkan. Kalian bisa memasang lampu yang terang, atau menambahkan senter dan lilin. Namun hati-hati jangan sampai api lilin membakar bagian loteng seperti wallpaper dinding yang mudah robek.

Begitu pula dengan udara dalam loteng. Langit-langit rumah yang jarang dipakai biasanya akan pengap dan lembab karena rembesan air hujan. Hal ini bisa merusak dinding loteng apalagi jika kalian memasang wallpaper dinding di sana. Karenanya, buka jendela loteng sebelum mulai membersihkannya. Jika tak ada jendela, kalian bisa memasang kipas angin atau dehumidifier.

4. Bersihkan langit-langit rumah dengan pembersih debu

 

langit-langit rumah

Usai loteng dalam kondisi terang, kalian bisa mulai membersihkannya. Untuk membersihkannya pun bisa menggunakan alat apapun seperti sapu, kemoceng hingga vacuum cleaner atau pembersih debu. Mulailah dengan membersihkan kotoran yang besar-besar.

Periksa di setiap sudut loteng apakah ada bangkai hewan seperti tikus dan cicak, juga kotoran hewan yang pastinya mengganggu. Membersihkan dengan pembersih debut pun dinilai lebih optimal karena bisa menyedot debu dan partikel kecil lainnya.

5. Bikin gudang minimalis

 

gudang minimalis

Setelah itu, kalian bisa mulai membuat gudang mini sesuai keinginan. Salah satunya adalah gudang bertema minimalis. Untuk membuatnya, kalian bisa meletakkan rak besar di salah satu sudutnya. Sedangkan bagian dindingnya kalian bisa menghiasnya dengan wallpaper dinding.

Tak perlu bingung mendapatkan wallpaper yang bagus, kalian bisa menemukannya di banyak toko wallpaper dinding murah terdekat. Saat ini, motifnya pun sangat beragam dan tentunya bisa bikin gudang kalian makin estetik. Kalian pun bisa meletakkan barang-barang sesuai keinginan. Jangan lupa menatanya dengan rapi ya. Tempatkan barang yang berat di bagian bawah rak dan bagian yang ringan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *