Yuk , Kenalan Lebih Jauh Tentang Batu Marmer!

Mengenal Batu Marmer, Kelebihan dan Ciri-Cirinya

Batu marmer adalah jenis batu alam yang tergolong mewah. Batu ini sering digunakan sebagai material dalam pembuatan sebuah hunian. Biasanya, batu ini digunakan sebagai pelengkap interior maupun eksterior rumah agar tampak cantik dan elegan. Sehingga, tempat tinggal kita menjadi lebih nyaman dan artistik.

Namun, ketika Anda berencana untuk membelinya, alangkah baiknya mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu, karena ada cukup banyak jenis marmer palsu yang ada di pasaran. Agar tidak terkecoh, mari simak ulasan lengkap mengenai ciri-cirinya di bawah ini:

  1. Marmer memiliki struktur batu yang sangat kompak
  2. Batu ini memiliki kandungan gugusan Kristal yang relatif sama dengan tekstur yang agak kasar dan juga halus.
  3. Marmer adalah jenis batu yang umumnya tersusun atas kandungan mineral kalsit dan mineral minor lainnya seperti silikat, mika, kihorit, kuarsa dan limorit.
  4. Marmer merupakan jenis batu yang memiliki nilai komersial yang bergantung pada kualitas tekstur dan warna.
  5. Marmer terpengaruh oleh kekuatannya terhadap cahaya dan poristas kekuatan regangan.

 

Jenis-Jenis Marmer

Marmer adalah jenis batu alam yang memiliki beberapa varian, baik itu untuk marmer lantai, dinding dan lainnya. Lebih lengkapnya Anda bisa menyimaknya pada ulasan di bawah ini:

  • Ruin marble, marmer dengan kualitas tekstur halus dan kristal yang tidak teratur
  • Statuary marble, yaitu jenis marmer berwarna putih bersih.
  • Architectural marble, jenis marmer dengan tekstur, warna dan kekuatan yang baik.
  • Cipolin marble, adalah jenis marmer yang memiliki kandungan mineral mika-talk.
  • Ornamental marble, jenis marble dengan warna terbaik.
  • Shell marbe, yaitu jenis marmer yang terbentuk dari fosil-fosil.
  • Breccias marble, adalah jenis marmer dengan tekstur kasar.
  • Onix marble, yaitu jenis marmer yang memiliki kandungan material kalsit dan organik.

Itulah beberapa jenis-jenis marmer yang biasa digunakan baik untuk interior maupun eksterior rumah. Biasanya, jenis-jenis di atas dapat dibedakan juga berdasarkan proses komersialnya. Saat ini, berbagai jenis marmer yang ada di pasaran adalah jenis marmer lokal maupun impor.

Marmer lokal dapat kita bedakan dari warnanya yang terang. Sedangkan marmer impor memiliki warna dan corak yang gelap dibandingkan marmer lokal. Meski demikian, ada juga jenis marmer impor yang memiliki ciri khas sama dengan jenis marmer lokal.

Perbedaan umum dari jenis marmer lokal dan impor, dapat juga kita lihat dari pori-porinya. Pori-pori batu impor, biasanya lebih rapat dibandingkan dengan marmer lokal yang renggang. Cara melihat perbedaan pori-pori pada marmer ini cukup mudah, yaitu dengan menyiramnya dengan air di atas permukaan marmer. Jika terdapat bekas basah setelah dibasuh menggunakan lap kering, kemungkinan marmer tipe ini adalah marmer lokal yang memiliki pori-pori renggang atau besar.

 

Manfaat dan Fungsi Marmer

Manfaat marmer terbilang cukup banyak, terutama dalam menghadirkan kesan artistik dan mewah pada suatu bangunan. Warna  dan teksturnya berbeda dengan bebatuan lainnya. Selain itu, marmer memiliki kuat tekan dan kuat geser yang sangat baik untuk material bangunan. Hal inilah yang menjadikan marmer sebagai material dengan harga yang tinggi, karena sepadan dengan kualitasnya.

Fungsi marmer yang paling utama adalah sebagai material bangunan maupun untuk material estetika seperti hiasan dinding, lantai, guci, meja, lampu hias dan masih banyak lagi. Masing-masing fungsinya, disesuaikan dengan ukuran maupun tujuannya. Misalnya, marmer yang dikhususkan untuk lantai atau dinding, maka material marmer yang digunakan harus memiliki ukuran maupun kualitas yang sesuai.

Demikianlah penjelasan tentang batu marmer yang biasa digunakan sebagai material bangunan dan beberapa bahan lainnya. Sebelum membelinya, pastikan bahwa marmer yang Anda pesan adalah marmer asli dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *